5 Kuliner Betawi ini Sudah Jarang Ditemukan dan Hampir Punah, Ada yang Sudah Coba?

- 22 Februari 2021, 19:30 WIB
Lirik lagu ondel ondel musik khas Betawi Jakarta /tangkapan layar youtube dongen kita

RAGAM INDONESIA- Menikmati kuliner saat berkunjung atau keliling Jakarta memang menjadi satu hal yang menarik. Apalagi, berbagai macam kuliner dengan beragam cita rasa juga tersebar di berbagai sudut Jakarta.

Meski begitu, agaknya tak banyak orang yang datang ke Jakarta untuk berburu dan mencicipi kuliner khas budaya Betawi yang merupakan suku asli Jakarta. Kalaupun ada, mungkin diantara kalian hanya fokus pada gado-gado dan soto betawi.

Tapi tahukah kalian, bahwa ada beragam makanan khas Betawi lainnya yang juga memiliki cita rasa yang tak kalah lezat. Sayangnya, di Jakarta sendiri makanan ini sudah mulai sulit ditemukan atau bisa jadi hampir punah.

Baca Juga: Sepak Bola Segera Bergulir, Bek Persikabo Abduh Lestaluhu : Itu yang Kami tunggu !

Penasaran dengan makanan khas Betawi apa saja yang sudah jarang ditemui? atau malah membuat kalian makin bersemangat untuk berburu kuliner tersebut dan kembali melestarikannya. Yuk simak beberapa kuliner betawi yang hampir punah, di bawah ini!

Gabus Pucung

Gabus pucung merupakan kuliner khas Betawi yang sering kali kita dengar namanya saat berkunjung ke tempat kuliner khas Betawi. Sayangnya, meski namanya cukup banyak dikenal orang tetapi makanan ini sendiri terbilang sudah jarang ditemui.

Baca Juga: Ridwan Kamil Setuju Soal Vaksinasi Mandiri Percepat Herd Immunity

Gabus pucung sendiri merupakan makanan khas betawi yang memiliki kuah pekat. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar ikan gabus yang digoreng terlebih dahulu. Gabus pucung disajikan dalam kuah hitam pekat yang berasal dari campuran beragam rempah dan pucung atau kluwek.

Bubur Ase

Halaman:

Editor: Nandang Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X