3 Pelatih Bulutangkis Indonesia Bawa Malaysia Cetak Sejarah di Piala Sudirman

- 4 Oktober 2021, 15:46 WIB
Tim bulu tangkis Indonesia tampak kecewa lantaran tersingkir oleh Malaysia di perempat final Piala Sudirman 2021.
Tim bulu tangkis Indonesia tampak kecewa lantaran tersingkir oleh Malaysia di perempat final Piala Sudirman 2021. /Badminton Foto

RAGAM INDONESIA-Tim bulutangkis Malaysia akhirnya berhasil merendam Indonesia pada perempatfinal Kejuaraan Bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman 2021 di Finlandia dengan skor 3-2.

Ini adalah sejarah baru bagi bagi negeri Jiran karena dari tiga pertemuan sebelumnya di ajang yang sama, mereka tak pernah menang atas tim merah putih.

Baca Juga: Kejutan! Bayern Munchen Dipermalukan Frankfurt di Allianz Arena

Kemenangan tersebut tak lepas dari tiga sosok pelatih mereka yang berasal dari Indonesia, yaitu Flandy Limpele di sektor ganda putra, Paulus Firman di ganda campuran, dan Hendrawan di tunggal putra.

Baca Juga: Empat Gol di Babak Kedua Warnai Hasil Imbang Antara Liverpool dan Manchester City

Flandy Limpele melatih pasangan ganda putra Aaron Chia/Soh Woi Yik. Flandy direkrut karena sukses membantu ganda India, Chirag Shetty/Satwiksaraj Rankireddy, masuk 10 besar terbaik dunia. Lewat Flandy, kedua pemain tersebut sukses mempersembahkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 untuk negaranya.

Baca Juga: Sempat Dua Kali Unggul, Madura United Akhirnya Ditahan Imbang Persipura

Malaysia merebut medali perunggu setelah menang atas pasangan senior Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sebelumnya, langkah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga terhenti di tangan pasangan ini.

Sedangkan Hendrawan masuk jajaran pelatih tim bulutangkis Malaysia sejak tahun 2009. Tahun lalu Hendrawan mulai ditunjuk sebagai kepala tunggal putra. Hasilnya, dia berhasil memoles Lee Zii Jia, dengan tampil sebagai juara di All England 2021, dan mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di perempat final Piala Sudirman 2021.

Di sektor ganda campuran, ada Paulus Firman yang sebelumnya memegang ganda putra negeri itu. Di Piala Sudirman ini, anak asuhnya Hoo Pang Ron/Cheah Yee See berhasil menekuk Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.***

Editor: Victoria


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X