Pakar Hukum: Pimpinan KPK Tak Gubris Arahan Jokowi Soal Hasil TWK

- 2 Oktober 2021, 00:59 WIB
Ilustrasi- Daftar nama 57 pegawai KPK yang dipecat 30 September 2021.
Ilustrasi- Daftar nama 57 pegawai KPK yang dipecat 30 September 2021. /Instagram.com/@official.kpk


RAGAM INDONESIA-Pemberhentian resmi 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) mengundang simpati banyak kalangan, tak terkecuali Asosiasi ilmuan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha).

Ketua Alpha, Azmi Syahputra menyebut keputusan itu merupakan kehilangan aset bagi bangsa Indonesia dalam penegakan hukum. Sebab, menurut Azmi, mereka inilah pegawai dengan kinerja dedikasi dan memiliki kompetensi dalam pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Tolak Holdingisasi PLN, Gekanas: Berpotensi Beban APBN Makin Berat

"Harus diakui mereka inilah jugalah motor utama yang telah menunjukkan ketangguhan menyelamatkan uang negara setara ratusan triliun dan mereka memiliki kejujuran nurani dan karakter kuat, naluri kejuangan dan rasa kebangsaan yang tinggi melawan korupsi," kata Azmi, Jumat 1 Oktober 2021.

Baca Juga: Persija Kehilangan Osvaldo Haay Selama Satu Bulan Karena Alasan Ini

Baca Juga: Bamsoet: Sabam Sirait Tokoh Senior dan Guru Politik Bagi Bangsa Indonesia

Dosen hukum di Universitas Trisakti Jakarta tersebut menyatakan tragedi pemecatan pegawai KPK ini sebagai puncak peta skenario pelemahan lembaga antisaruah, setelah diketahui pada 2019 esensi UU KPK digerogoti.

"Kini personil yang sudah teruji di KPK pun digerogoti, ini momen yang layak dicatat dalam sejarah perang melawan musuh bangsa yang bernama korupsi," ujarnya.

Menurut dia, hal ini sekaligus menunjukkan betapa buruk dan jahatnya maling uang rakyat, apalagi orang-orang yang punya kewenangan membiarkannya terjadi. "Karenanya perlu dipertanyakan kenapa arahan Presiden bulan Mei lalu tidak menjadi perhatian bagi pimpinan KPK," kritik Azmi.

Kala itu kepala negara menilai bahwa hasil TWK tidak serta merta dapat dijadikan dasar untuk memberhentikan pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes.

Halaman:

Editor: Victoria


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X