ART: Kapolri Sebaiknya Buka Formasi Personel Kontrak Untuk Pegawai KPK Tak Lulus TWK

- 29 September 2021, 13:44 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka ETLE Nasional Tahap 1 di NTMC Polri, Selasa 23 Maret 2021
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka ETLE Nasional Tahap 1 di NTMC Polri, Selasa 23 Maret 2021 /Tian Pardamean/ragamindonesia.com/Dok.Divhumas Polri

RAGAM INDONESIA-Anggota Komite I DPD RI, Abdul Rachman Thaha mengatakan, satu sisi, cara pandang Kapolri sudah tepat, sebagaimana dirinya kritisi padawaktu-waktu sebelumnya.

Terlepas dari materi TWK yang dinilai problematik, lolos atau tidak lolos TWK semestinya tidak dijadikan sebagai dasar untuk memberhentikan karyawan.

TWK sebatas menghasilkan indikator, dan itu seharusnya tidak menihilkan portofolio konkret berupa keberhasilan kerja (kinerja positif) para eks-KWK dimaksud. Hasil TWK sepatutnya dipakai sebagai salah satu acuan dalam pengembangan mereka selaku SDM unggulan KPK,” ujanya kepada ragamindonesia.com, Rabu, 29 September 2021.

Baca Juga: 57 Pegawai KPK yang Gagal TWK akan Dipecat dengan Hormat Akhir Bulan Ini

Pria yang kerap disapa ART ini menuturkan, sikap Kapolri sudah selaras dengan pandangan dirinya di atas. Alih-alih "memvonis mati", Kapolri justru tetap melihat para eks-KPK itu sebagai SDM potensial bagi penegakan hukum di Tanah Air.

“Masalahnya, walau Kapolri beritikad baik, namun kesiapan itu nampaknya tidak akan serta-merta terealisasi dengan mudah,” terangnya.

ART beralasan, sebagian pegawai eks-KPK dimaksud pernah berkarir lalu mengundurkan diri dari Polri. Kembalinya lagi pegawai eks-KPK tersebut ke Polri boleh jadi akan terhalang oleh beban mental, termasuk kemungkinan sinisme dari para anggota Polri sendiri.

Baca Juga: Putusan MK Terkait TWK KPK, Dr.Hamdan Zoelva: Ini Memberikan Kata Akhir dari Perdebatan

“Apalagi kita masih ingat peristiwa penyerangan oleh oknum Polri terhadap penyidik KPK pada waktu lalu. Tentu, saya tidak berharap bahwa gesekan ekstrim semacam itu terulang lagi seandainya mantan personel Polri kembali ke korps Tribrata,” katanya.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X