Datang Ke Indonesia, WNA Terpapar Covid-19, Ini Datanya

- 11 September 2021, 09:34 WIB
Juru Bicara Vaksinasi covid-19 Kemenkes,dr.Siti Nadia Tarmizi
Juru Bicara Vaksinasi covid-19 Kemenkes,dr.Siti Nadia Tarmizi /Kha/ragamindonsia.com

RAGAM INDONESIA-Warga negara asing yang datang ke Indonesia terdeteksi terpapar positif Covid-19. bahwa 0,83 persen warga asing yang datang ke Indonesia dinyatakan positif setelah tes di pintu masuk kedatangan, meski sebelumnya dinyatakan negatif di negara asalnya.

Demikian disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi ragamindonesia.com, Sabtu, 11 September 2021.

Untuk menekan jumlah WNA yang terpapar, Nadia meminta pintu masuk bandara udara dan pelabuhan terus diperketat, mulai dari screening dan prosedur pengawasan masuknya Pelaku Perjalanan Internasional.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Memaksa 60 Juta Anak Indonesia Belajar Jarak Jauh

“Hal-hal yang menjadi mandatori dan kewajiban, adalah melakukan pemeriksaan PCR pertama saat kedatangan, dan dilanjutkan karantina sampai hari ke-8 bila hasil PCR nya negatif,” kata Nadia.

“Pada hari ke-7 dilakukan PCR kedua, saat bersangkutan masih menjalani karantina. Bila PCR kedua negatif, baru selesai menyelesaikan karantina. Tapi kalau positif, maka harus melanjutkan isolasi terpusat,” lanjutnya.

Menurut Nadia, ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan agar masyarakat Indonesia tidak tertular virus Covid-19 varian terbaru, yang diketahui lebih cepat penularannya.

Baca Juga: Langgar Jam Operasional, Tujuh Tempat Usaha di Wilayah Koja Jakut Disanksi

Diketahui, warga asing yang masuk ke Indonesia dengan hasil positif Covid-19 berasal dari lima negara pada periode 1-31 Agustus 2021. Yang paling tinggi adalah warga Arab Saudi sebesar 15 persen, diikuti 8 persen (Malaysia), 3 persen (Uni Emirat Arab), 2 persen (Korea Selatan), dan 2 persen (Jepang).

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X