Situs Mirip pedulilindungi Beredar, Masyarakat Diminta Hati-hati

- 9 September 2021, 16:19 WIB
Situs palsu mirip pedulilindungi beredar, masyarakat diminta hati hati
Situs palsu mirip pedulilindungi beredar, masyarakat diminta hati hati /Ninding Permana/screenshoot situs palsu mirip pedulilindungi

RAGAM INDONESIA - Situs mirip pedulilindungi.id sedang menjadi perbincangan di sejumlah grup Whatsapp. Situs tersebut yaitu https://www.pedulilindungia.com/. Sepintas situs ini Nampak sama dengan situs resmi untuk akses sertifikat vaksin ini. Namun jika diperhatikan lebih jeli, nama situs ditambah satu huruf dibelakang yaitu “a”.

“Saat ini Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi ragamindonesia.com, Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga: KAI Klaim Sudah Integrasikan Aplikasi PeduliLindungi Sejak Juli 2021

Siti Nadia menuturkan, saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider). “Juga dihimbau masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi pedulilindungi di app store dan google play store,” ujar Siti Nadia.

Sebelumnya, Relawan pendiri FB Group Info Pendaftaran Vaksinasi, Daisy Irawan meminta anggota salah satu grup WA untuk hati-hati dengan https://www.pedulilindungia.com/.

“Teman-teman, hati-hati ya. Ditemukan situs "farming" nama dan tampilannya persis pedulilindungi. Tapi ini situs palsu,” ujarnya.

Baca Juga: KAI Klaim Sudah Integrasikan Aplikasi PeduliLindungi Sejak Juli 2021

Daisy meminta masyarakat memperhatikan urlnya pedulidingungiA.com ada huruf A nya. “Situs ini mengumpulkan data-data pribadi kita. Jangan akses situs ini. Jadi kalau ada dapat sebaran soal pedulilindungi dan disuruh click link, perhatikan linknya,” tegasnya.***

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X