Kebakaran Lapas Tangerang Murni Kelalaian! Kalapas, Dirjen Hingga Menkumham Harus Mundur

- 9 September 2021, 10:04 WIB
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly saat meninjau Lapas Klas 1 Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu dini hari, 8 September 2021.
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly saat meninjau Lapas Klas 1 Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu dini hari, 8 September 2021. /Humas Kementerian Hukum dan HAM

RAGAM INDONESIA -Jatuhnya banyak korban dalam kebakaran hebat yang melanda Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang, Banten, menyisakan pertanyaan sistem keamanan lapas.

"Ini murni ketidaksiapan dan kelalaian lapas untuk kontrol lingkungan lapas," kata Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha), Azmi Syahputra kepada RagamIndonesia.com, Kamis, 9 September 2021.

Menurut Azmi, Tim Tanggap Darurat Lapas sebagaimana Peraturan Menteri Hukum dan HAM 33/2015 tentang pengamanan pada lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan negara yang ditandatangani oleh Menkumham Yasonna Laoly pada 15 Oktober 2015, tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terbukti, petugas Tim Tanggap Darurat tidak berhasil mengamanakan warga binaan atau narapidana (napi) sehingga sampai puluhan orang meninggal akibat kebakaran.

"Pada dasarnya dengan pernyataan Menkumham yang mengakui berupa karena tidak adanya perbaikan instalasi listrik setelah 42 tahun, ini adalah kesalahan maka negara harus bertanggung jawab," tegas Azmi yang juga dosen hukum di Universitas Trisakti.

Baca Juga: Diwarnai Gol Debut Pablo Fornals, Spanyol Sukses Bawa Tiga Poin dari Kosovo

Ia mengatakan, dalam kasus ini tidak hanya Kalapas, namun Dirjen Permasyarakat termasuk Menteri Hukum dan Ham harus dicopot atau mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab jabatan dan moral terhadap tragedi kemanusiaan yang murni kelalaian mereka sebagai pemegang kewenangan penyelenggaraan pengamanan.

Baca Juga: Gagal Menang di Laga Perdana, Pelatih Persija Soroti Hal Ini

"Karena patut diduga akibat tidak adanya tindakan segera untuk follow up, langkah kepatutan atas keadaan yang sudah diketahui tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Cerita Ari Lasso Saat Divonis Mengidap Kanker Langka

Halaman:

Editor: Victoria


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X