Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar Hingga Makan Korban Banyak, Ini Penjelasan Kemenkumham

- 8 September 2021, 10:18 WIB
Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang, Banten
Kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang, Banten /BPBD

RAGAM INDONESIA-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten dilalap api pada Rabu dini hari.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dikonfirmasi, menyatakan saat ini api sudah berhasil dijinakkan.

"Untuk detail kapan peristiwa itu terjadi kita belum tahu, tapi yang jelas informasinya saat ini api sudah padam," kata Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman, Rabu, 8 September 2021.

Ia juga belum dapat memastikan penyebab kebakaran Lapas Klas I Tangerang.

"Terkait detail peristiwa kapan waktu kejadian, penyebab, dampak kerusakan dan kerugian, korban jiwa dan lainnya akan disampaikan nanti," ujarnya.

Saat ini tim dari Kemenkumham sedang menuju le lokasi untuk mengetahui lebih lanjut peristiwa kebakaran Lapas Klas I Tangerang.

Mengenai korban jiwa dari peristiwa tersebut, Tubagus mengatakan hingga kini belum mendapatkan data yang valid. Namun, dari informasi yang beredar kejadian itu menimbulkan korban jiwa.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Agus Toyib menyebut sebagian besar narapidana Lapas Klas I Tangerang dalam kondisi terkunci saat peristiwa kebakaran tersebut. Hal ini yang diduga menjadi penyebab banyaknya korban meninggal dunia hingga luka bakar.

"Terbakar karena memang kamar semua dikunci. Jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar," kata Agus.

Agus menyebut, total penghuni tahanan di Lapas Klas I Tangerang ialah sebanyak 2.072 orang. Sedangkan, pada titik lokasi kebakaran sendiri ada sebanyak 122 penghuni.

Halaman:

Editor: Victoria

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X