Siti Nurbaya: Saatnya Ubah Sampah Jadi Bahan Baku Ekonomi

- 23 Februari 2021, 06:15 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya /El Syifa/Dok.KLHK

RAGAM INDONESIA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada sambutannya di acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 mengatakan, peringatan  HPSN 2021, menjadi momentum penting untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

"HPSN tahun ini bertemakan Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi. Prinsip dan langkah-langkah tersebut, merupakan perwujudan dan praktek terbaik dalam menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi," ujarnya pada sambutannya di acara Peringatan HPSN 2021 yang diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) pada Senin, 22 Februari 2021.

Ia menjelaskan, pendekatan ekonomi linier dalam pengelolaan sampah dengan ciri khas make, consume, dan dispose, harus digantikan dengan ekonomi sirkular.

Baca Juga: Permasalahan Debit Air Irigasi Batu Balai, Waka DPD RI Akan Koordinasi Ke Kementerian PUPR

"Pendekatan baru dimaksud tepat menggantikan pendekatan end of pipe atau dengan melakukan kombinasi kerja dengan pendekatan end of pipe yang selama ini dijalankan, yakni dengan mengimplementasikan pendekatan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle),” urainya.

Lalu,  tanggung jawab produsen yang diperluas (extended producer responsibility, EPR), pengolahan dan pemanfaatan sampah menjadi sumber daya, baik sebagai bahan baku maupun sumber energi terbarukan, serta pemrosesan akhir sampah di TPA yang berwawasan lingkungan.

Selain pendekatan ekonomi sirkular, lanjutnya, perwujudan sampah sebagai bahan baku ekonomi dapat pula melalui pendekatan sampah sebagai sumber energi alternatif melalui implementasi sampah menjadi bahan bakar.

Baca Juga: BNPB Evakuasi Korban Banjir yang Memiliki Gangguan Kesehatan dengan Helikopter

"Ini menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi forward and backward linkage yang ada, sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh-sungguh diperlukan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X