Biaya Murah, INACA Desak Penggunaan Alat GeNose Untuk Penumpang Pesawat

- 21 Februari 2021, 14:13 WIB
Penumpang Pesawat Komersil di Terminal 2D BAndara Soekarno-Hatta, Tangerang /Saadat/ragamindonesia.com

RAGAM INDONESIA - Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA), Denon Prawiraatmadja meminta,  GeNose C-19 digunakan untuk tes pada penumpang pesawat, mengingat suksesnya penggunaan alat penyaring produksi dalam negeri itu sebagai syarat perjalanan penumpang transportasi darat.

Menurutnya, GeNose sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan dan sudah disetujui penggunaannya oleh Satgas Covid-19, sehingga alat ini diyakini sudah teruji sebagai alat penyaringan Covid-19 di simpul-simpul transportasi.

"Kami menyambut positif keberhasilan dan kelancaran penggunaan GeNose C-19 pada moda transportasi darat, seperti kereta api, dan bus antarkota antar provinsi. Untuk ini kami mengharapkan agar GeNose dapat diimplementasikan pada moda transportasi udara. Jika hal ini digunakan dapat dipastikan banyak keuntungan yang didapatkan para calon penumpang pesawat,” ujarnya kepada  wartawan, Sabtu, 20 Februari 2021.

Baca Juga: Wanita Ini Ungkap Kesiapannya Gantikan AHY sebagai Ketum Partai Demokrat

Baca Juga: Waspada, Wilayah Airin Rawan Pencurian Rumah Kosong Saat Banjir

Dia mengaku, GeNose ini juga akan menambah opsi bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes rapid antigen dan PCR, yang menjadi syarat perjalanan transportasi.

Terlebih lagi, GeNose yang menggunakan artificial intelligent itu akurat. Bahkan GeNose sudah diuji validasinya dengan 2.000 sampel dan akurasinya sudah 90 persen.

"Untuk ini kami mengharapkan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat mengeluarkan aturan terkait penggunaan GeNose pada moda transportasi udara sehingga dapat menjadi acuan bagi rekan-rekan operator maskapai dan pengelola bandar udara di Tanah Air," tekannya.

Baca Juga: Kejagung Dalami Temuan MAKI

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X