Hindari dari Sekarang, Berikut Azab Pemakan Riba di Dunia dan Akhirat

- 23 Februari 2021, 06:00 WIB
ilustrasi uang berbunga. /Micheile Henderson/unsplash/

RAGAM INDONESIA-Riba sangatlah familiar ditengah-tengah kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini.

Namun, Riba merupakan suatu yang diharamkan dalam ajaran islam dan dilarang untuk melakukannya.

Secara sederhana, riba merupakan tambahan yang dibebankan oleh pihak satu dari pihak lain yang berkaitan dengan transaksi barang ribawi.

Baca Juga: Ketua DPD RI Desak Pemerintah Lakukan Lima Langkah Ini Atasi Darurat Lahan Pangan

Sepintas saja sudah bisa dipahami bahwa riba sangat bertentangan dengan karakter Islam sebagai agama yang mengedepankan sikap saling tolong menolong, sementara riba bukan meringankan, justru merugikan.

Sebagaimana dikutip RagamIndonesia.com dari Mantra Sukabumi dalam artikel berjudul Inilah Azab Pemakan Riba di Dunia dan Akhirat, Salah Satunya Doa Sulit Terkabul, yang diambil dari kanal Youtube @Nasihat Muslim, Ibnu Qudamah berkata, Riba itu diharamkan berdasarkan dalil Al Qur'an, As Sunnah, dan ljma (kesepakatan kaum muslimin)." (Al Mughni) Diantara dalil dari Al-Qur'an yang mengharamkan riba.

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung." (QS. Ali Imran: 130).

Baca Juga: Bentuk Satgas, Polri Tegas Bongkar Mafia Tanah

Di antara dalil dari As Sunnah yang mengharamkan riba adalah sabda Nabi SAW yang menunjukkan bahwa riba adalah dosa besar.

Halaman:

Editor: Nandang Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X