Mengenal Bunga Trompet yang Cantik Namun Mematikan

- 9 September 2021, 07:15 WIB
Bunga Trompet
Bunga Trompet /Yetti Rahmadani/ragamindonesia.com

RAGAM INDONESIA-Siapa sangka, dibalik tanaman cantik yang tumbuh liar ini menyimpan bahaya bahkan mengancam nyawa.

Hal ini terbukti benar pada bunga trompet, bunga yang sangat cantik ternyata bisa membuat orang lupa ingatan, hilang kesadaran hingga sangat mematikan.

Bunga trompet atau yang dikenal sebagai Angel's trumpet, mengandung skopolamin senyawa halusinogen dan narkoba mematikan yang memiliki nama lain burundanga.

Baca Juga: Teh Bunga Telang : Banyak Manfaat dan Mudah Dalam Pembuatannya

Skopolamin pada bunga trompet bisa membuat hilang kesadaran diri lebih dari 24 jam bahkan dapat menyebabkan gagal napas dan kematian dalam dosis tinggi.

Bunga trompet merupakan sebutan untuk tumbuhan berbunga dari genus brumansia. Tumbuhan ini berkerabat dengan kecubung namun berbeda jenis, ada tujuh spesies bunga trompet di antaranya bunga trompet merah, bunga trompet emas, bunga trompet putih,

Karena kecantikannya bunga trompet banyak dibudidayakan dan dijadikan tanaman hias, di daerah beriklim tropis maupun sedang. Namun, dibalik kecantikannya itu bunga trompet memiliki rahasia mengerikan.

Baca Juga: Karangan Bunga Terpampang di Mabes Polri

Semua bagian dari tumbuhan ini, mulai dari akar hingga bunganya, mengandung racun. Kandungan atropin yang bisa membuat sakit kepala dan penglihatan kabur. Dengan mengkonsumsi bagian manapun dari bunga ini dapat menyebabkan rasa haus yang luar biasa, demam dan jantung berdebar.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X