Genspala: Dari Naik Gunung Hingga Daur Ulang Sampah Plastik

- 23 Agustus 2021, 18:00 WIB
Genspala Sukabumi
Genspala Sukabumi /Diana Mulyana/RagamIndonesia.com


RAGAM INDONESIA-Genspala (Generasi S.O.G Pecinta Alam) adalah organisasi pecinta alam yang masih konsisten di Kota Sukabumi hingga saat ini.

Diinisiasi oleh pemuda Karang Taruna RW 03 Kelurahan Benteng , Kecamatan Warudoyong, Genspala erdiri sejak Agustus tahun 1992.

Genspala sejak awal,  didirikan dengan tujuan sebagai wadah untuk para pecinta alam di Kota Sukabumi. Genspala yang kini sudah berusia 29 tahun ini tercatat sudah melahirkan 3 generasi.

"Didirikan oleh pendahulu kami sebagai wadah untuk para pecinta alam, kami di sini digembleng dan dibekali ilmu tentang alam, tentang bagaimana cara bertahan hidup di alam dan bagaimana cara menjaga dan menghargai alam," tutur Ketua Genspala, Donna Racmat Hidayat kepada RagamIndonesia.com pada Minggu 22 Agustus 2021.

Baca Juga: Haechan NCT Miliki Akun Instargam, Penggemarnya Langsung Bereaksi

Lanjut Dona,kegiatanmereka tidak melulu hanya naik gunung saja. Namun, ada beberaa kegiatan lainnya yang sering mereka lakukan seperti pelatihan kepada mereka yang baru bergabung.

Selain itu, Dona menuturkan Genspala selalu memberikan pengertian tentang pentingnya menjaga alam. Bukan hanya naik gunung saja yang mereka lalkukan, namun ada hal penting lainnya yang sudah menjadi agenda kegiatan rutin seperti mendaur ulang sampah.

"Tidak melulu tentang alam kami pun di sini seringkali melakukan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat, ada kegiatan edukasi, mendaur ulang sampah plastik dan kegiatan sosial lainnya," ungkap Donna.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Genspala, Mochammad Rifki Aprilian. menurut pria yang akrab dipanggil Aloy itu, jika berbicara konteks alam Genspala di selalu berupaya menjaga dan merawat alam, salah satu langkah yang ditempuh adalah adanya kegiatan menanam pohon.

Baca Juga: Benda Menyerupai Bom Ditemukan Warga, Polda Metro Jaya Langsung Terjunkan Gegana

Halaman:

Editor: Nandang Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X