Dubes Inggris: AUKUS Tidak Mengarah Transfer Senjata Nuklir ke Australia

- 23 September 2021, 08:06 WIB
Ilustrasi kapal selam
Ilustrasi kapal selam /Shutterstock

RAGAM INDONESIA-Kekhawatiran atas pakta pertahanan trilateral antara Australia-Inggris-Amerika Serikat (AUKUS) turut disuarakan ASEAN.

Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins meluruskan polemik yang bergullir terkait kerja sama trilateral ini.

“Propeler kapal selam itu nantinya menggunakan kekuatan nuklir bukan kapal selam akan membawa senjata nuklir,” tegas Dubes Jenkins dalam kuliah tamu ‘Meet the Ambassador Series” yang digelar secara virtual, Rabu petang 22 September 2021. Kegiatan ini merupakan kerja sama Paramadina Graduate School of Diplomacy (PGSD) dan Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE).

Baca Juga: Persikabo 1973 Akan Tampil Habis-habisan Lawan Barito Putera Demi Kemenangan Perdana

Baca Juga: Beri Kekalahan Keempat untuk Venezia, Milan Kembali Tempel Inter di Puncak Klasemen

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Jenguk Verawary Fajrin di Rumah Sakit Darmais

Dubes Jenkins menjelaskan AUKUS bukanlah kerjasama pertahanan yang baru. Menurutnya, Inggris dan Australia telah menjalin kolaborasi sejak 1914. Sedangkan kerja sama Inggris dan Amerika Serikat telah terbangun selama 60 tahun.

AUKUS bukanlah sebuah perjanjian (treaty) atau pakta (pact) tetapi merupakan pengelolaan keamanan (security arrangement). Ini (AUKUS) telah melalui proses jangka panjang dan kerja sama panjang,” urai dia.

Ia menambahkan AUKUS merupakan salah satu komitmen negaranya dalam merespons satu dari empat tantangan di masa mendatang, yakni membangun sistem yang berbasis aturan internasional (international rules based system). Tantangan tersebut harus dihadapi melalui kolaborasi dengan pihak lain yang punya pemahaman yang sama.

“Kami memiliki komitmen untuk mendorong kerja sama bilateral dan multilateral dalam menghadapi kompleksitas tantangan global. Sebagai produsen kapal selam, kami harus bekerja sama dengan negara lain dan AUKUS tidak akan mengarah pada transfer teknologi senjata nuklir,” kata Dubes Jenkins.

Halaman:

Editor: Victoria


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X