Khutbah Idul Adha Secara Virtual, Konjen RI Sydney Ajak Jamaah Bantu Indonesia

- 20 Juli 2021, 18:30 WIB
Khutbah Idul Adha 1442 H yang diselenggarakan secara virtual oleh Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE) New South Wales, 20 Juli 2021.
Khutbah Idul Adha 1442 H yang diselenggarakan secara virtual oleh Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE) New South Wales, 20 Juli 2021. /El Syifa/Dok.KJRI Sydney

RAGAM INDONESIA-Warga negara Indonesia yang berada di Australia diharapkan membantu saudara sebangsanya di tanah air yang sedang mengalami musibah pandemic Covid-19.

Ajakan tersebut disampaikan Konsul Jenderal RI di Sydney, Heru Hartanto Subolo pada acara Khutbah Idul Adha 1442 H yang diselenggarakan secara virtual oleh Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE) New South Wales, 20 Juli 2021.

“Mari kita berikan bantuan terbaik yang bisa kita sampaikan kepada saudara-saudara kita di Indonesia, baik berupa bantuan uang maupun barang, yang dapat memberikan semangat untuk terus kuat dan tabah,” ujarnya.

Baca Juga: Universitas Pertahanan dan DCU Colombo Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama

Tak hanya itu, Heru mengajak para Jemaah yang hadir untuk terus mendoakan para pemimpin, tenaga Kesehatan, dan seluruh masyarakat Indonesia agar senantiasa diberikan petunjuk, kekuatan, ketabahan, dan perlindungan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Senada, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia, Ustadz Shaifurrokhman Mahfudz, yang bertindak sebagai Khatib Idul Adha, menyampaikan bahwa pembiasaan hidup sehat, pemberlakuan protokol kesehatan, penerapan lockdown, kewajiban vaksinasi, dan larangan berkerumun, termasuk shalat di masjid, merupakan bagian dari ikhtiar untuk terhindar dari pandemi Covid-19.

Ia menekankan bahwa dari segi hukum Islam, shalat berjamaah hukumnya sunnah, sementara menjaga keselamatan diri dari wabah hukumnya wajib. Oleh karena itu, ia berkesimpulan bahwa perkara yang wajib sudah sepantasnya lebih didahulukan dibandingkan perkara yang sunnah.

Baca Juga: Webseminar Cara KJRI Frankfurt Promosikan Pariwisata Indonesia

Sejak tanggal 26 Juni 2021, Pemerintah Negara Bagian New South Wales memberlakukan kebijakan lockdown untuk wilayah Greater Sydney, Blue Mountains, Central Coast, Shellharbour, dan Wollongong hingga tanggal 30 Juli 2021 sambil memantau perkembangan situasi.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X