Hari Apoteker Sedunia, IAI Jakbar Gelar Donor Darah Apoteker untuk Sesama

- 11 Oktober 2021, 07:52 WIB
Foto bersama Perwakilan PMI Jakarta Barat dan panitia donor darah dalam rangka Hari Apoteker Sedunia.
Foto bersama Perwakilan PMI Jakarta Barat dan panitia donor darah dalam rangka Hari Apoteker Sedunia. /Dok. Cabang IAI Jakarta Barat

RAGAM INDONESIA-Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Jakarta Barat meramaikan Hari Apoteker Sedunia (World Pharmacists Day) yang diperingati setiap tanggal 25 September, melalui berbagai kegiatan.

Di antaranya 'Donor Darah Apoteker Untuk Sesama' dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat. Kegiatan ini telah digelar Sabtu 9 Oktober 2021 lalu di gedung PMI Jakarta Barat, yang diikuti sejawat apoteker, tenaga teknis kefarmasian, mahasiswa farmasi dan masyarakat umum.

Hari Apoteker Sedunia tahun 2021 ini mengambil tema “Apoteker Selalu Terpercaya untuk Kesehatan Anda”.

Kegiatan 'Donor Darah Apoteker Untuk Sesama' di gedung PMI Jakarta Barat.
Kegiatan 'Donor Darah Apoteker Untuk Sesama' di gedung PMI Jakarta Barat. Dok. Cabang IAI Jakarta Barat
Ketua Pengurus Cabang IAI Jakarta Barat, Etty S Mardiko menjelaskan, tujuan kegiatan ini selain turut memeriahkan Hari Apoteker Sedunia juga sebagai branding profesi apoteker agar lebih dikenal di masyarakat. Apoteker juga diharapkan bisa menjadi rekanan dari tenaga kesehatan sehari-hari.

"Alhamdulillah pada kegiatan yang baru diadakan pertama kali ini, Pengurus Cabang IAI Jakarta Barat dapat mengumpulkan 70 orang apoteker dari target 100 orang baik yang sudah rutin maupun yang baru pertama mendonorkan darahnya," ujar Etty dalam keterangannya.

Ia berharap ke depan kegiatan semacam ini dapat terus dilanjutkan. Bahkan rencananya digelar rutip setiap tiga bulan. "Tentu saja kami berharap di setiap kali kegiatan akan semakin bertambah jumlah peserta donor darahnya demi membantu sesama," imbuhnya.

Melalui kegiatan donor darah ini, pihaknya juga berharap semakin eratnya kerja sama dengan PMI, khususnya wilayah Jakarta Barat sebagai partisipasi peduli sesama yang kebutuhannya masih sangat diperlukan. Di samping itu juga dapat membantu fasilitasi kepada apoteker maupun keluarganya saat memerlukan darah.***

Editor: Victoria


Tags

Terkini

X