Kapolda Jateng: Ditengah Derasnya Arus Kebencian, Polri Harus Hadir Berikan Informasi Positif

- 29 September 2021, 09:30 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi /Humas Polda Jateng

RAGAM INDONESIA - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menigingatkan, Polri membuka ruang publik serta memberikan informasi positif pada masyarakat di tengah derasnya arus ujaran kebencian, informasi palsu dan muatan negatif lainnya.

Agar muatan positif itu sampai ke masyarakat selaku audience, sambung Luthfi, anggota Polri harus cerdas menjalin komunikasi dua arah dengan mereka.

"Anggota harus cerdas dan kreatif menciptakan trending issue di masyarakat. Untuk itu, perlu kejelian melihat tren yang berkembang serta membangun berbagai cara agar komunikasi dengan masyarakat bisa terbangun," kata Lutfhfi dalam keterangan pers yang diterim ragamindonesia.com, Rabu, 30 September 2021.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Terapkan Gage Di Tempat Wisata

Pernyataan Luthfi juga disampaikan saat menghadiri seminar dengan tajuk Optimalisasi Peran Polri sebagai sahabat digital warga Jawa Tengah. Dalam kegiatan yang diprakarsai Bidhumas Polda Jateng itu, Kapolda hadir disertai 16 pejabat utama Polda, Selasa, 28 September 2021.

Lebih jauh, Luthfi menjelaskan,Polri mempunyai tanggung jawab besar untuk melindungi masyarakat di era digital saat ini. Konten negatif yang berkembang di dunia maya harus di counter dengan muatan yang mendidik dan informatif.

Kejahatan di dunia maya saat ini menjadi ancaman serius yang harus diwaspadai. Polri perlu mengambil langkah tegas menyikapi hal ini.

Baca Juga: Antisipasi Kerumunan, Sistem Crowd free Night Diterapkan di Kota Tua

"Karena ruang digital sangat luas. Disitu kami punya patroli cyber dan virtual police yang tugasnya mengawasi dunia maya agar tidak serta merta semprawut. Di sana ada hack, hate speech, dan hoax," terangnya.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X