1,5 Juta KTP Non DKI Terima Vaksinasi DKI

- 6 September 2021, 16:09 WIB
Lokasi dan jadwal vaksinasi massal jenis Pfizer di Kabupaten Bogor.
Lokasi dan jadwal vaksinasi massal jenis Pfizer di Kabupaten Bogor. /Pexels.com/Gustavo Fring

RAGAM INDONESIA-Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mendorong  pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan target vaksinasi covid.-19.

Pasalnya menurut Dante, meski DKI Jakarta menjadi provinsi dengan capaian vaksinasi tertinggi di tanah air, namun sebanyak 1,5 juta orang penerima vaksinasi justru bukan warga yang memiliki KTP DKI Jakarta.

“Seperti diketahui, misalnya Jakarta, kegiatan vaksinasi sudah mencapai lebih dari 100 persen. Tetapi dari 100 persen lebih tersebut, ada sekitar 1,5 juta penduduk yang divaksinasi bukan KTP DKI," kata Dante pada acara Peresmian Sentra Vaksinasi Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta secara virtual, Senin, 6 September 2021.

Baca Juga: Cara Mengunduh dan Cek Sertifikat Vaksinasi COVID-19 dengan Mudah

Melihat masih banyak warga ber-KTP DKI yang belum divaksinasi Covid-19, Kemenkes, lanjut Dante berkomitmen untuk terus mendorong percepatan serta peningkatan vaksinasi di Ibu Kota.

"Jadi, target vaksinasi di Jakarta terus kita tingkatkan. Kalau memang diperlukan, kami sediakan vaksinnya," ujar Dante.

Pada kesempatan itu pula, Dante mengaku masih mengalami banyak tantangan proses vaksinasi yang belum terselesaikan, salah satunya adalah mengedukasi serta mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Sehingga hal itu yang membuat rendahnya capaian vaksinasi yang menyasar kelompok rentan yakni usia lansia (lansia).

Baca Juga: Perjuangan Tim Medis Lanud Silas Papare Bantu Vaksinasi Door to Door di Pedalaman Papua

Bahkan berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemkes) menunjukan bahwa apabila  sama-sama dirawat, maka pasien bukan dari kelompok lansia angka kematian di rumah sakit sekitar 15%. Sedangkan kalau pasien Covid-19 kansai angka kematian menjadi  37%.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X