OKJ Didesak Tertibkan Finance Nakal di Tangerang

- 23 Februari 2021, 09:25 WIB
Ilustrasi Logo OJK /Pikiran- Rakyat/

RAGAM INDONESIA - Finance diwilayah Tangerang marak melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah. Hal itu terkait kebijakan restrukturisasi kepada masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

“Di Tangerang ini banyak sekali finance nakal dan melanggar aturan pemerintah terkait restrukturisasi dimasa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Nonce Thendean, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Tangerang kepada wartawan, Senin, 22 Februari 2021.

Nonce meminta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus memeriksa dan menertibkan kembali finance-finance yang tidak berjalan semestinya. “Seharusnya, setiap finance yang diberikan ijin harus sesuai dengan UU (Undang-Undang, Red) yang berlaku,” ucapnya.

Baca Juga: Disperindag Kota Tangerang Selatan Daftarkan 5.600 Pedagang Pasar Untuk Vaksinasi

Artinya, sambung wanita berjilbab itu, jika nasabah mengalami kesulitan dan mengajukan restrukturisasi dimasa pandemi Covid-19 ini, finance harus menanggapi secara cepat.

Terlebih, hal itu sudah diintruksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi tidak ada permainan-permainan dan saling lembar bola. Jadi ketika kreditur meminta restrukturisasi dari finance cabang dikatangan belum ada persetujuan dari pusat dan sebaliknya pusat menyatakan belum ada pengajuan dari cabang. Ini ada indikasi pihak finance justru diduga mencari keuntungan dari situasi tersebut,” bebernya.

Baca Juga: Puluhan Ikan Paus Terdampar di Pantai Modung, Ini yang Dilakukan Gubernur Jawa Timur

Herman salah satu kreditur Suzuki Finance yang menjadi korban mengaku, dirinya melakukan kredit mobil seharga Rp270 juta dengan cicilan Rp10 juta/bulannya. Dikarenakan dirinya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19, otomatis mengajukan restrukturisasi kepada Suzuki Finance. “Namun justru dipermainkan dan dilempar bola. Hingga saat ini pengajuannya sejak Januari, sudah satu bulan belum juga ada tanggapan. Bunga jalan terus dan semakin memberatkan,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Halaman:

Editor: Ninding Permana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X